Dosen FMIPA IPB University Mengabdi, Ajarkan Guru TK Mengolah Data Statistik
Cici Suhaeni, dosen dari Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ajarkan metode pengolahan data statistika kepada guru-guru dan staf administrasi di TK Agriananda, Kampus IPB Dramaga, Bogor (28/11). Kegiatan yang dilakukan Cici ini merupakan bagian dari Program Dosen Mengabdi yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University. Dosen Mengabdi merupakan suatu kegiatan dosen non Guru Besar dan Dosen Guru Besar IPB University sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat guna pengembangan, difusi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan bangsa.
Pada kesempatan ini, Cici memaparkan tentang pemanfaatan ilmu statistika untuk peningkatan layanan TK Agriananda. Menurutnya, pengetahuan mengenai pemanfaatan statistika serta ketrampilan dalam analisis data dapat digunakan sebagai upaya peningkatan kualitas layanan TK Agriananda. Ia menambahkan, ada tiga hal yang melekat pada data yaitu bagaimana mengumpulkan, bagaimana menganalisis dan bagaimana menginterpretasikan.
“Setiap kegiatan manusia banyak menghasilkan data yang dapat diolah dengan pengetahuan statistika. Cara mengumpulkan data tersebut yaitu secara administratif berupa hasil rekaman atau catatan administrasi, survei
berupa kuisioner atau interview, percobaan, dan observasi,” ujarnya.
Pada waktu yang sama, Cici juga menjelaskan tentang cara mengumpulkan data terkait TK Agriananda yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas layanan TK Agriananda. Pengumpulan data secara administratif berasal data manajerial. Pengumpulan data secara observasi dan percobaan berasal dari data tumbuh kembang anak. Pengumpulan data secara administratif, observasi, dan percobaan berasal dari data akademik. Pengumpulan data secara survei berasal dari data persepsi orang tua.
Pada sesi pelatihan analisis data, peserta secara langsung diajarkan praktik analisis data menggunakan Microsoft Excel. Pelatihan tersebut meliputi manajemen data, mengagregasi data, meringkas data, visualisasi data, dan analisis. Dengan adanya penyuluhan tentang pemanfaatan statistika dan pelatihan analisis data, diharapkan peserta mampu menerapkannya agar kualitas pelayanan TK Agriananda terus meningkat. (Dng/Awl/Zul)