FMIPA / Fakultas / Profil / Rencana Strategis

Rencana Strategis

BAB 4 PROGRAM PENGEMBANGAN

4.1. Program Strategik

4.1.1. Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa FMIPA

Faktor pertama yang ikut menentukan keberhasilan pendidikan adalah kualitas input, yaitu calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya di FMIPA IPB. Sebagai bahan baku yang akan masuk dalam proses pendidikan, kualitas calon mahasiswa menjadi sangat penting, karena akan menentukan sejauh mana bahan baku ini dapat dengan mudah ditempa menjadi produk berkualitas sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini peningkatan minat calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi dari sekolah-sekolah unggulan di Indonesia untuk masuk ke berbagai program studi di FMIPA harus mendapat perhatian. Guna menunjang tercapainya tujuan stratejik tersebut, maka promosi dan program kerjasama dengan sekolah-sekolah unggulan merupakan program yang sangat penting. Karena melalui program ini penjaringan terhadap calon-calon mahasiswa yang berkualitas dapat dilakukan, yang pada gilirannya akan meningkatkan rasio pelamar ke berbagai program studi di FMIPA.

Selain pada level fakultas, program promosi yang dilakukan pada level departemen juga sangat dibutuhkan mengingat umumnya calon mahasiswa akan memilih program studi/departemen sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Berbagai sarana promosi yang dapat digunakan antara lain adalah:

  • Booklet/leaflet FMIPA dan Departemen
  • Website FMIPA (English/Indonesia)
  • Layanan dan Kunjungan ke SLTA
  • Promosi dalam berbagai bentuk kegiatan lain seperti melalui media sosial dan sebagainya.

4.1.2. Peningkatan dan Penjaminan Kualitas Pendidikan

Bisnis proses dan kualitas pelayanan pendidikan merupakan faktor kunci bagi keberhasilan pendidikan yang berkualitas. Melalui program koordinasi, monitoring dan evaluasi, serta komitmen bersama dalam menerapkan standard ISO diharapkan kualitas pendidikan dapat dijamin dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah beberapa jenis aktivitas sebagai turunan dari program stratejik Peningkatan dan Penjaminan Kualitas Pendidikan:

  1. Koordinasi peningkatan efisiensi dan mutu layanan pendidikan dengan kegiatan:
    1. Peningkatan efektifitas pelaksanaan GKM dan GPM
    2. Standarisasi manajemen pendidikan (Penyusunan, pengajuan dan surveillance ISO)
    3. Pemberian penghargaan kepada dosen dengan EPBM tertinggi di setiap Departemen
  2. Lokakarya akademik yang meliputi:
    1. Lokakarya kurikulum tingkat fakultas
    2. Lokakarya evaluasi mata kuliah
    3. Lokakarya dan pelatihan pengajaran
    4. Benchmarking tingkat ASEAN/Internasional
  3. Koordinasi, monitoring dan evaluasi kegiatan kemahasiswaan dan alumni:
    1. Bimbingan, monitoring dan evaluasi kegiatan kemahasiswaan
    2. Peningkatan soft skill mahasiswa
    3. Pesta sains: (a) lomba sains tingkat SMA, (b) seminar dan lomba guru SMA
    4. Peningkatan jejaring dengan pengguna lulusan dan alumni
  4. Pemberdayaan FabLab untuk pembuatan alat peraga dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang antara lain meliputi untuk:
    1. Praktikum mata kuliah
    2. Penelitian mahasiswa dan dosen
    3. Pelatihan guru
  5. e. Pemanfaatan hasil penelitian dalam pengajaran

4.1.3. Pengembangan Kurikulum di FMIPA

Pengembangan kurikulum MIPA dilakukan melalui Lokakarya Fakultas dengan melibatkan unsur departemen, Direktorat Pengembangan Akademik, serta pihak-pihak terkait yang menjadi stakeholder FMIPA. Hingga 2020, pengembangan kurikulum FMIPA mengagendakan pengembangan program studi S1 Aktuaria dan program studi S3 Kimia dan Ilmu Komputer. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi:

  • Pembahasan Program Studi Aktuaria
  • Menjalin kerjasama dengan Waterloo University, Kanada sebagai benchmark universitas dalam bidang Actuarial Science
  • Pembentukan Program Studi S3 Kimia
  • Pembentukan Program Studi S3 Ilmu Komputer

4.1.4. Penguatan Kapasitas SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan

Sumberdaya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam menjamin mutu pendidikan, sehingga upaya peningkatan kapasitas SDM baik di kalangandosen maupun tenaga kependidikan menjadi sangat penting. Peningkatan jumlah dosen yang bergelar doktor dan guru besar merupakan prioritas yang harus dilakukan. Pelatihan bagi tenaga kependidikan juga sangat diperlukan guna meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan dalam memberikan layanan kepada mahasiswa dan menjadi partner bagi penelitian dosen. Berikut ini adalah beberapa program yang dapat dilakukan:

  • Pendidikan lanjutan (S3) bagi dosen yang masih bergelar Master
  • Pemantauan kepengkatan dan paningkatan publikasi ilmiah nasional dan internasional untuk memenuhi persyaratan guru besar
  • Peningakatan reputasi dosen

4.1.5. Penguatan Penelitian

Sebagai salah satu pilar dalam Tridharma Perguruan Tinggi, penelitian menjadi salah satu sokoguru penting yang harus terus dikembangkan guna menghasilkan produk baik berupa pemikiran dan publikasi ilmiah maupun produk teknologi. FMIPA memiliki mandate pengembangan keilmuan yang menjadi dasar bagi pengembangan pertanian di Indonesia. Guna menyatukan potensi dan keragaman keilmuan di FMIPA, peran keempat working group yang ada di FMIPA menjadi sangat penting. Melalui working group, maka dapat dibangun kebersamaan dan sinergi antar unit/departemen sehingga peneltian yang dilakukan dapat menghasilkan produk unggulan baik untuk tujuan publikasi ilmiah nasional maupun internasional yang bereputasi. Pengembangan jejaring dengan lembaga-lembaga penelitian maupun universitas baik di level nasional maupun internasional perlu dilakukan guna memperkuat basic keilmuan maupun menjadi saranan dalam resource sharing.

4.1.6. Penguatan Program Kerjasama

Program kerjasama dengan lembaga pemerintah, lembaga swasta dan lembaga luar negeri sangat penting artinya bagi FMIPA terutama dalam beberapa hal:

  • Pengabdian masyarakat
  • Kerjasama Kepakaran dengan lembaga pemerintah maupun swasta
  • Kerjasama pendidikan dan peneltian dengan universitas di dalam dan luar negeri.
  • Kerjasama dengan Alumni FMIPA

4.2. Target Capaian Program

Dengan mengacu pada Program Stratejik yang telah ditetapkan pada bagian 4.1. penetapan target program akan diselaraskan dengan Rencana Stratejik IPB yang dijabarkan secara detail dalam bentuk indikator kinerja. Ada 4 perspektif yang menaungi beberapa kelompok indikator kinerja, yaitu: perspektif Stakeholder, Research and Academic Excellence, Proses Bisnis Internal, dan Capacity Building.

Dari perspektif Stakeholder, peran dan citra FMIPA mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yang ditunjukkan dengan capaian program-program FMIPA tahun 2020 yang cukup tinggi sebagaimana pada Tabel 4.2.1. berikut.

Tabel 4.2.1 Target peningkatan Indikator Kinerja FMIPA pada perspektif Stakeholder dalam 5 tahun ke depan.

No.
Indikator Kinerja
Baseline 2015
Target 2020
Peningkatan (%)
A111Jumlah mobilitas outbond dosen IPB ke luar negeri (orang kali)45.0080.0077.80
A112Jumlah mobilitas inbound tenaga pendidik dari luar negeri ke IPB (orang kali)38.0070.0086.10
A113Persentase dosen yang aktif dalam asosiasi/organisasi profesi sekurang-kurangnya 2 aktifitas per tahun (%)64.0075.0017.20
A114Jumlah mobilitas outbond mahasiswa IPB ke luar negeri(orang kali)60.0070.0016.70
A115Jumlah mobilitas inbound mahasiswa dari luar negeri ke IPB (orang kali)50.0075.0050.00

Dari perspektif Research and Academic Excellence, kualitas input mahasiswa, kualitas lulusan FMIPA, kualitas riset dan pengajaran di FMIPA, serta peran FMIPA dalam merespon permasalahan pertanian dan perkembangan sains dan teknologi mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebagaimana pada Tabel 4.2.2. berikut. Penentuan target tersebut didasarkan pada daya dukung dan daya saing yang telah dimiliki FMIPA saat ini dan respons masyarakat terhadap program-program FMIPA.

Tabel 4.2.2 Target peningkatan Indikator Kinerja FMIPA pada perspektif Research and Academic Excellence dalam 5 tahun ke depan.

No.
Indikator Kinerja
Baseline 2015
Target 2020
Peningkatan (%)
C112Jumlah pelamar program S1 per orang mahasiswa yang diterima (orang)11.5012.004.10
C113Jumlah pelamar program S2 per orang mahasiswa yang diterima (orang)1.251.336.40
C114Jumlah pelamar program S3 per orang mahasiswa yang diterima (orang)1.251.250.00
C212Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S1 (%)45.2070.0054.90
C213Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S2 (%)38.0050.0031.60
C214Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S3 (%)15.0015.000.00
C221Persentase masa tunggu kerja lulusan program sarjana dan vokasi ≤ 3 bln (%)63.0075.0019.00
C222Persentase kesesuaian bidang pekerjaan lulusan program studi multistrata (%)70.0075.007.10
C231Persentase mahasiswa S1 yang mengikuti kegiatan kepemimpinan dan manajerial25.0045.0080.00
C411Jumlah artikel pada jurnal internasional36.00125.00250.20
C412Jumlah artikel pada jurnal nasional terakreditasi Ditjen Dikti atau LIPI50.00100.00100.00
C531Jumlah teaching farm model9.009.000.00
C611Jumlah program studi S18.009.0012.50
C612Jumlah program studi S35.008.0060.00

Dari perspektif Proses Bisnis Internal, standardisasi prosedur dan penjaminan mutu pengelolaan institusi serta penerapan kurikulum berbasis kompetensi telah berjalan dengan sangat baik sebagaimana tertera pada Tabel 4.2.3. berikut. Penentuan target tersebut didasarkan pada standard dasar yang telah dicapai FMIPA saat ini dan upaya peningkatan ke depan.

Tabel 4.2.3 Target peningkatan Indikator Kinerja FMIPA pada perspektif Proses Bisnis Internal dalam 5 tahun ke depan.

No.
Indikator Kinerja
Baseline 2015
Target 2020
Peningkatan (%)
D122Jumlah program studi sarjana terakreditasi secara nasional dengan predikat A8.008.000.00
D123Jumlah program studi magister terakreditasi secara nasional dengan predikat A9.0010.0011.10
D124Persentase program studi doktor terakreditasi secara nasional dengan predikat A5.005.000.00
D125Jumlah program studi sarjana terakreditasi internasionalN/A3.00300.00
D211Persentase lulusan program sarjana dengan IPK ≥3,00 (%)56.1060.006.90
D212Persentase lulusan program magister dengan IPK ≥3,50 (%)75.0075.000.00
D213Persentase lulusan program doktor dengan IPK ≥3,75 (%)75.0080.006.70
D214Persentase LO mata kuliah mendukung Expected Learning Outcome (ELO) Program Studi (%)100.00100.000.00

Dari perspektif Capacity Building, penguatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan dan upaya menjalin kerjasama dengan lembaga lain mengalami peningkatan yang signifikan sebagaimana tertera pada Tabel 4.2.4 berikut. Penentuan target tersebut didasarkan pada potensi dasar dosen dan tendik serta peran dosen dalam mengaktualisasikan kapasitasnya saat ini dan upaya peningkatan ke depan.

Tabel 4.2.4 Target peningkatan Indikator Kinerja FMIPA pada perspektif Capacity Building dalam 5 tahun ke depan.

No.
Indikator Kinerja
Baseline 2015
Target 2020
Peningkatan (%)
E111Jumlah dosen yang menjadi ketua atau anggota komite pada level internasional (orang)8.0030.00275.00
E112Jumlah penghargaan internasional yang diperoleh dosen5.0012.00140.00
E113Jumlah penghargaan nasional yang diperoleh dosen dan tenaga kependidikan9.0030.00233.30
E121Persentase dosen dengan jabatan guru besar (%)10.0015.0050.00
E122Rata-rata jumlah SKS mengajar dosen per tahun12.0012.000.00
E311Jumlah kerjasama dengan status MOU masih berlaku yang ditindaklanjuti10.0025.00150.00

4.3. Rencana Implementasi

Perspektif
Sasaran Kinerja
Indikator Kinerja
Baseline 2015
Target 2016
Target 2017
Target 2018
Target 2019
Target 2020
ASTAKEHOLDERA1Meningkatkan peran dan citra institusiA111Jumlah mobilitas outbond dosen IPB ke luar negeri (orang kali)45.0060.0065.0070.0075.0080.00
A112Jumlah mobilitas inbound tenaga pendidik dari luar negeri ke IPB (orang kali)38.0048.0050.0055.0060.0070.00
A113Persentase dosen yang aktif dalam asosiasi/organisasi profesi sekurang-kurangnya 2 aktifitas per tahun (%)64.0066.0068.0070.0072.0075.00
A114Jumlah mobilitas outbond mahasiswa IPB ke luar negeri(orang kali)60.0062.0064.0066.0068.0070.00
A115Jumlah mobilitas inbound mahasiswa dari luar negeri ke IPB (orang kali)50.0055.0060.0065.0070.0075.00
CRESEARCH AND ACADEMIC EXCELLENCEC1Kualitas input mahasiswaC112Jumlah pelamar program S1 per orang mahasiswa yang diterima (orang)11.5012.0012.0012.0012.0012.00
C113Jumlah pelamar program S2 per orang mahasiswa yang diterima (orang)1.251.331.331.331.331.33
C114Jumlah pelamar program S3 per orang mahasiswa yang diterima (orang)1.251.251.251.251.251.25
C2Kualitas Lulusan IPBC212Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S1 (%)45.2050.0055.0060.0065.0070.00
C213Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S2 (%)38.0038.0039.0040.0045.0050.00
C214Persentase jumlah lulusan yang tepat waktu pada program S3 (%)15.0015.0015.0015.0015.0015.00
C221Persentase masa tunggu kerja lulusan program sarjana dan vokasi ≤ 3 bln (%)63.0068.0070.0075.0075.0075.00
C222Persentase kesesuaian bidang pekerjaan lulusan program studi multistrata (%)70.0075.0075.0075.0075.0075.00
C231Persentase mahasiswa S1 yang mengikuti kegiatan kepemimpinan dan manajerial25.0025.0030.0035.0040.0045.00
C4Research and Teaching QualityC411Jumlah artikel pada jurnal internasional36.0075.0085.00100.00115.00125.00
C412Jumlah artikel pada jurnal nasional terakreditasi Ditjen Dikti atau LIPI50.0060.0070.0080.0090.00100.00
C5Meningkatnya peran IPB dalam merespon isu dan permasalahan pertanianC531Jumlah teaching farm model9.009.009.009.009.009.00
C6Meningkatnya peran IPB dalam merespon perkembangan sains dan teknologiC611Jumlah program studi S18.009.009.009.009.009.00
C612Jumlah program studi S35.005.006.007.008.008.00
DPROSES BISNIS INTERNALD1Standardisasi Prosedur dan Penjaminan Mutu Pengelolaan InstitusiD122Jumlah program studi sarjana terakreditasi secara nasional dengan predikat A8.008.008.008.008.008.00
D123Jumlah program studi magister terakreditasi secara nasional dengan predikat A9.009.009.0010.0010.0010.00
D124Persentase program studi doktor terakreditasi secara nasional dengan predikat A5.005.005.005.005.005.00
D125Jumlah program studi sarjana terakreditasi internasionalNANA1.002.003.003.00
D2Kurikulum berbasis kompetensiD211Persentase lulusan program sarjana dengan IPK ≥3,00 (%)56.1056.0057.0058.0059.0060.00
D212Persentase lulusan program magister dengan IPK ≥3,50 (%)75.0075.0075.0075.0075.0075.00
D213Persentase lulusan program doktor dengan IPK ≥3,75 (%)75.0080.0080.0080.0080.0080.00
D214Persentase LO mata kuliah mendukung Expected Learning Outcome (ELO) Program Studi (%)100.00100.00100.00100.00100.00100.00
ECAPACITY BUILDINGE1Penguatan Kompetensi dosen dan tenaga kependidikanE111Jumlah dosen yang menjadi ketua atau anggota komite pada level internasional (orang)8.0020.0025.0030.0030.0030.00
E112Jumlah penghargaan internasional yang diperoleh dosen5.008.009.0010.0011.0012.00
E113Jumlah penghargaan nasional yang diperoleh dosen dan tenaga kependidikan9.0015.0020.0025.0025.0030.00
E121Persentase dosen dengan jabatan guru besar (%)10.0010.0011.0012.0013.0015.00
E122Rata-rata jumlah SKS mengajar dosen per tahun12.0012.0012.0012.0012.0012.00
E3Mengembangkan Knowledgeable PartnershipE311Jumlah kerjasama dengan status MOU masih berlaku yang ditindaklanjuti10.0012.0015.0020.0025.0025.00
Sasaran Renstra

 

Sasaran

Berdasarkan RENSTRA (program kerja) FMIPA yang mengacu pada renstra IPB tahun 2013 – 2018, merupakan kelanjutan dari renstra 2008 – 2013, maka sasaran yang akan dicapai hingga tahun 2018 adalah:

  1. Meningkatkan sistem tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
  2. Menghasilkan lulusan yang bermutu dengan indikator masa studi 4 tahun dan IPK rata-rata ≥ 3,25.
  3. Menjadikan program-program studi yang dimilikinya diakui secara nasional dan diakreditasi oleh BAN PT dengan nilai A dan dikenal secara internasional sehingga memiliki mahasiswa asing ≥ 1% dari total mahasiswa FMIPA IPB.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sehingga akan mencapai rata-rata jumlahnya 1 penelitian dan dana penelitian Rp. 5.000.000,- perdosen-pertahun dan jumlah publikasi nasional atau internasional sebanyak 1 publikasi per dosen-pertahun.
  5. Menjadikan hasil-hasil penelitian sebagai dasar pengembangan sains dan sumber inovasi dalam memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  6. Menjalin kerjasama baik dengan instansi dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka pemberdayaan kepakaran Sumber Daya Manusia (SDM) FMIPA dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebanyak 8 kerjasama pertahun.
  7. Terbangunnya komunikasi yang intensif dengan alumni melalui kegiatan himpunan alumni yang intensif setiap tahun baik di tingkat departemen maupun fakultas.
  8. Meningkatkan daya tarik, kualitas, dan kuantitas input pada semua program studi di FMIPA. Jumlah mahasiswa tugas belajar dari perguruan tinggi atau instansi lain 100 mahasiswa pertahun.

Strategi

Target kinerja FMIPA dan departemen-departemen di bawah FMIPA mencakup target tahun dan capaian tahun 2016 dan target tahun 2017. Strategi pencapaian sasaran yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Strategi 1 – Meningkatkan sistem tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil melalui penyusunan dan implementasi Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop).

Strategi 2 – Menghasilkan lulusan yang bermutu dengan indikator masa studi 4 tahun dan IPK rata-rata ≥ 3,25.

  • Menjaring calon mahasiswa berkualitas dan memiliki motivasi tinggi dengan mengembangkan sistem promosi dan sistem penerimaan mahasiswa baru. Pengembangan sistem promosi melalui: (a) penyebaran leaflet, (b) mengunjungi SMA potensial, (c) website FMIPA IPB (fmipa.ipb.ac.id), (d) Open House, (e) Pesta Sains setiap tahun, dan (f) Kuliah sehari di FMIPA yang diikuti siswa SMA sejabotabeksuci.
  • Pengembangan sistem penerimaan mahasiswa baru yang terdiri atas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk IPB (UTM), dan Prestasi Internasional-Nasional (PIN).
  • Pemantapan kurikulum melalui umpan balik dari alumni dan lokakarya penyusunan kurikulum bersama dengan stakeholders.
  • Perbaikan proses belajar mengajar melalui pelaksanaan perkuliahan, pembuatan/pembaharuan GBPP, SAP, bahan ajar, melengkapi bahan kuliah dengan media interaktif, memperbaiki fasilitas kelas dan pemanfaatan e-learning dan e-journal yang dilanggan oleh IPB dan Dikti-Kemendiknas.
  • Peningkatan mutu layanan akademik melalui perbaikan dan pembaharuan fasilitas laboratorium, serta bahan pustaka meliputi buku referensi dan jurnal.
  • Memberikan bahan tambahan pengajaran melalui pustaka-pustaka baru dan program tutorial yang terstruktur.
  • Mengevaluasi mahasiswa setiap akhir semester, meminta umpan balik dari mahasiswa terhadap proses belajar mengajar dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen.

Strategi 3 – Menjadikan program-program studi yang dimilikinya diakui secara nasional dan diakreditasi oleh BAN PT dengan nilai A dan dikenal secara internasional sehingga memiliki mahasiswa asing ≥ 1% dari total mahasiswa FMIPA IPB dan lulusannya mampu bekerja pada lembaga-lembaga internasional.

  • Mengarahkan setiap departemen untuk memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN PT.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin melalui penyusunan dokumen assesmen mutu.
  • Membantu pembiayaan dalam penyusunan borang akreditasi BAN PT.
  • Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri di bidang penelitian dan akademik.

Strategi 4 – Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sehingga akan mencapai rata-rata 1 penelitian dan dana penelitian Rp. 5.000.000,- perdosen-pertahun dan jumlah publikasi nasional atau internasional sebanyak 1 publikasi perdosen-pertahun.

  • Membentuk budaya penelitian yang menghasilkan karya ilmiah bertaraf nasional dan internasional melalui penerapan pola penelitian yang mengedepankan kerjasama tim yang terpadu dan berjenjang antara dosen, mahasiswa pasca sarjana dan mahasiswa sarjana.
  • Pembentukan kelompok-kelompok penelitian yang bersifat lintas disiplin dengan membentuk payung penelitian di FMIPA melalui working group.
  • Penyebaran informasi penelitian dari berbagai lembaga ke setiap departemen.
  • Memotivasi dosen dan mahasiswa dalam pengajuan proposal penelitian di tingkat perguruan tinggi dan nasional.
  • Menyelenggarakan seminar-seminar ilmiah seperti seminar nasional atau internasional sains FMIPA IPB yang dilaksanakan setiap tahun.

Strategi 5 – Menjadikan hasil-hasil penelitian sebagai dasar pengembangan sains dan sumber inovasi dalam memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

  • Menyelenggarakan seminar-seminar ilmiah sebagai wadah diskusi ilmiah bagi dosen maupun mahasiswa.
  • Melakukan kerjasama penelitian dengan pemerintah daerah pada bidang yang sesuai dengan kepakaran dari SDM yang ada.
  • Melakukan kerjasama penelitian dengan bagian riset and kerjasama suatu perusahaan dalam meningkatkan mutu ataupun produksi produk.
  • Sosialisasi dan pelatihan hasil penelitian teknologi tepat guna seperti penyelenggaraan pelatihan olimpiade, tungku sekam, gaharu dan sebagainya.

Strategi 6 – Menjalin kerjasama skala nasional maupun internasional dalam rangka pemberdayaan kepakaran Sumber Daya Manusia (SDM) FMIPA dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  • Melakukan penelitian bersama dengan instansi-instansi pemerintah (seperti Deptan, BATAN dan Ristek).
  • Terlibat aktif dalam kepengurusan dan kegiatan himpunan profesi (Perhimpunan Biologi Indonesia, Indonesian Mathematical Society, Himpunan Fisikawan Medis dan Biofisikawan Indonesia, Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia, Himpunan Kimiawan Indonesia, Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia, Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia, APTIKOM, dan MIPAnet).
  • Melakukan kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi luar negeri (diantaranya Nara Institute for Science and Technology, Ehime University, GIFU University, Wageningen University and Research Center).

Strategi 7 – Terbangunnya komunikasi yang intensif dengan alumni melalui kegiatan himpunan alumni yang intensif setiap tahun baik di tingkat departemen maupun fakultas.

  • Mengoptimalkan website alumni (http://cda.ipb.ac.id/new/ina/) sebagai wadah untuk sharing informasi.
  • Menyelenggarakan temu alumni setiap tahun.
  • Melibatkan alumni dalam evaluasi dan pengembangan kurikulum.
  • Melibatkan alumni dalam memotivasi, memberikan informasi, dan kesempatan kerja bagi lulusan FMIPA IPB.

Strategi 8 – Meningkatkan daya tarik, kualitas, dan kuantitas input pada semua program studi yang berada di FMIPA IPB.

  • Melakukan promosi melalui: (a) penyebaran leaflet (b) kunjungan ke SMA potensial dan pemerintah daerah, (c) website FMIPA IPB (fmipa.ipb.ac.id), (d) Open House, (e) Pesta Sains setiap tahun dan sejak tahun 2013 ditambah dengan lomba untuk kegiatan STEM (Science Technology Eingeneering and Mathematics) bagi siwa dan guru dan (f) Kuliah sehari di FMIPA yang diikuti siswa SMA sejabotabeksuci yang sejak tahun 2013 kegiatan ini dikoordinasikan oleh HUMAS IPB dengan melibatkan semua Departemen yang ada di IPB, dan (g) kegiatan kerjasama dengan daerah untuk pembinaan bidang MIPA.
  • Mengundang guru-guru SMA dalam kegiatan Seminar Nasional Sains FMIPA IPB yang diadakan setiap tahun dalam rangka memperkenalkan aktivitas keilmuan di FMIPA IPB.
  • Melatih guru-guru matematika dan IPA tingkat SMP dan SMA di berbagai propinsi di Indonesia.
  • Melatih siswa-siswi berbakat bidang matematika, ilmu komputer, dan IPA tingkat SMP dan SMA di berbagai propinsi di Indonesia.