Jelang Audit, FMIPA Adakan ISO Management Review
BOGOR (26/2) – Tahun ini adalah tahun keempat FMIPA IPB menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO (SMM ISO) 9001 yang sebelumnya telah dimutakhirkan dari revisi 2008 ke revisi 2015 dan kemudian diperluas ke seluruh departemen. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya untuk mempertahankan sertfikasi SMM ISO 9001:2015 yang telah didapatkan, FMIPA IPB harus menghadapi audit dari SUCOFINDO selaku pihak eksternal yang memiliki otoritas dalam melakukan pemeriksaan, pengawasan, pengujian, dan pengkajian terhadap organisasi pemegang sertifikasi ISO. Untuk tujuan tersebut FMIPA menyelenggarakan kegiatan guna meninjau penerapan ISO 9001:2015 yang telah dilakukan baik di dekanat maupun departemen dalam ISO management review.
Kegiatan peninajauan yang diadakan di Ruang Sidang Utama FMIPA IPB tersebut dihadiri oleh konsultan SMM ISO: Ir. Hasan Asyari, MM, Dekan FMIPA Wakil Dekan AK selaku Wakil Manajemen Fakultas, Wakil Dekan Bidang SKP FMIPA IPB, Para Asisten Wakil Dekan FMIPA, para Ketua Departemen dan Sekretaris Departemen di FMIPA, para Ketua dan Anggota Tim Implementasi SMM ISO 9001:2015 di Departemen, dan para Auditor Internal yang bertugas melakukan Audit Tahun 2018 serta turut mengundang Kepala KMM dan Audit Internal IPB. Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau implementasi SMM ISO 9001:2015 dengan membahas temuan-temuan yang telah dihimpun oleh para auditor internal FMIPA, baik temuan yang bersifat observasi, minor maupun yang mayor dalam audit internal yang telah dilaksanakan.
Adapun agenda acara terbagi ke dalam 3 (tiga) pembahasan utama, yaitu: 1). Pembahasan tentang Perubahan Isu Internal dan Eksternal yang Terkait dengan SMM ISO 9001:2015; 2). Pembahasan tentang Kecukupan Sumberdaya (SDM serta Sarana & Prasarana); dan 3). Pembahasan Kinerja dan Efektivitas Penerapan SMM ISO 9001:2015. Pembahasan kinerja dan efektivitas dipaparkan oleh auditor dan auditee dari setiap departemen, merujuk pada faktor-faktor berikut:
- Tingkat kepuasan pelangan dan umpan balik (level fakultas),
- Pencapaian sasaran mutu,
- Kinerja proses pembelajaran dan pelayanan administrasi akademik,
- Ketidaksesuaian dan tindakan koreksi,
- Hasil pemantauan dan pengukuran,
- Hasil audit internal dan hasil audit eksternal periode sebelumnya,
- Kinerja penyedia eksternal.
Tinjauan manajemen (management review) sebagai upaya mempertahankan sertifikasi SMM ISO 9001:2015 ini adalah juga upaya mempertahankan kredibilitas FMIPA dalam menjamin dan mewujudkan mutu pelayanan yang prima.